Pages

Selasa, 01 Oktober 2013

Perkembangan Komputer


GENERASI PERTAMA
         Awal mulanya saat terjadi perang dunia kedua,negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimiliki komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaan pengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik komputer. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.
         Dikarakteristikan dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda disebut “Bahasa Mesin” (Machine Language). Menyebabkan komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatan. Ciri lain menggunakan tube vacum (berukuran sangat besar) dan dilinfer magnetik untuk penyimpanan data

GENERASI KEDUA
         Tahun 1948, penemuan transistor berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik menjadi lebih kecil.
         Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman di dalamnya memberikan fleksibilitas pada komputer. Meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan komputer untuk bisnis. Dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami manusia. Muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti programmer, analyst, teknisi komputer dll. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang.

GENERASI KETIGA
         Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
         Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil dari pasir kuarsa.
         Para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
         Kemajuan lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) memungkinkan mesin menjalankan berbagai program berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

GENERASI KEEMPAT
         Setelah IC, tujuan pengembangan lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
         Perkembangan memungkinkan orang-orang biasa menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak mudah digunakan kalangan awam. Piranti lunak paling populer saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram

Generasi Kelima
         Mendefinisikannya cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

0 komentar:

Posting Komentar